Sisi lain Kebenaran Katolik

Kalau Pak Lek baca komentar atau artikel – artikel yang ada Sanmarista ini Ck….Ck….Ck…..Ck. salut bener. Anak muda sekarang ini sudah pinter-pinter bahkan sangat Biblis sekali. Pak Lek jadi malu. Wis Tuwo ngene kalah karo cah Nom (sudah tua begini kalah dengan anak muda). Maklum iman Pak Lek masih selembar kertas HVS 12.5 gr atau kertas karbon, mana yang lebih tipis. Sampai – sampai ponakanku sendiri (Bagas) protes. Pak Lek kalau posting yo mbok yang kristiani sedikit, ini kan milis gerejawi. Uisiiin tenan aku. Eh….. iya selamat ulang tahun untuk keponakanku Bagas,Valentinus bagus juga, contohnya tuh Si Rossi yang nggeber YZR-M1 itu kan pakai nama valentino. Motor yang di padepokan Honda “Pitung” modif jadi RC212 V kayak punya Dani pedrosa, biar kalau ngapel ke Eva tidak telat melulu. Bai the wee, tetapi ada komentar yang berjudul Salah Nyontek? Jangan-jangan semua itu??? .Ah itu hanya perasaan Pak Lek saja.

Ya?…..Pak lek sebetulnya bisa aja nulis yang begituan sedikit, terus diembel- embeli ayat-ayat. Lha wong tinggal Klik “Suryokontho”(Kaca pembesar=gogle) klik terus masukan kata yang di maksud Jreeettt!!!……….. keluar semua itu apa yang di maksud. Cacing misalnya, Tulis cacing, Cari! dapat deh itu uneg-uneg tentang cacing mulai dari Familionya, ordonya, classnya, divisionya, semua tentang cacing.

Kalau kita amati (wis kayak pengamat CSiS) bukan SCIS tetapi pengamat CBSA (Cah Bodo soyo Akeh) terjemahke Mbak Menik??………….

Dalam 6 minggu berturut turut kalau kita lihat di teks misa disudut paling bawah kanan ada tulisan bersambung dan pada minggu kemarin menjadi selesai (kasihan yang nulis mungkin wis capek) beliau sendiri lho yang mengataken. Dimana judulnya kalau nggak salah tentang SEKTE-SEKTE PROTESTANTISME MENYERANG GEREJA KATOLIK?. Nah disini Pak Lek bukan sok tahu tetapi kebelutan pernah baca buku tentang pengalaman pribadi seorang Tim Staples (bukan joyko atau 3M merknya) yang dulunya seorang pendeta Tothok (karena dari kecil cita-citanya ingin menjadi pendeta seperti orator Billy graham). Selama dinas militer sebagai mariner dia ingin dari hasilnya untuk menabung dan kuliah untuk memperoleh lebik banyak disiplin. Dia terlibat dalam kegiatan kegiatan gereja protestan. Terlibat dalam penginjilan jalanan dan memimpin pendalaman Kitab Suci. Setelah selesai dinas militer dia diminta untuk melayani sebagai partimer gembala di gereja Assemblies of God. Tetapi dalam kedinasan militer dia bertemu seorang Katolik (Matt Dula) bukan Mat Solar Tole!!……

Selama dalam dinas ini pula mereka melakukan perdebatan tentang kepercayaan mereka mana yang benar.

Berikut hal-hal umum atau sering, yang sering dipakai Sekte-sekte atau Protestantisme untuk menyerang gereja kita.

 

Rumus Doa katolik

 

Rumusan doa katolik sebagai sesuatu hal yang bertentangan dengan anjuran Allah tentang ” berdoa berulang-ulang yang sia-sia ( Mat 6:7). Tetapi apakah seorang istri akan keberatan bila seorang suami mengatakan “aku sayang kamu” dan itu di ucapkan berulang-ulang, demikian pula orang Katolik mengatakan cintaNya berulang-ulang dalam doa. Dalam Wahyu 4:8 senantiasa dalam kehadiran Allah, berulang-ulang berdoa, :Kudud, kudus, kudus Tuhan Allah. Ini bukan merupakan “ulangan yang sia-sia. Tetapi ulangan secara Biblis. Pak lek kalau yang di Tanya pasti jawabnya lha itu sudah dari sononya waktu pelajaran agama (dulu belum tahu katekis) sekarang juga belum heheh. Apa Mbah?….

 

Saudara Yesus

 

Orang Kristen sering menyerang tentang keperawanan Maria. Ayat yang sering di pakai Mat 13 : 55. “Saudara-saudara” Yesus seperti Yakobus, Jusuf, Simon, dan Yudas.

Lha kalau sampeyan ndak tahu jawabannya gimana apa terus kita Ya…ya…..ya apa ngangguk kayak enthung (kepompong). Pak lek juga pernah ngalami seperti ini tapi Pak Lek hanya senyum saja!… Amin. Karena tidak tahu jawabannya ( tidak pernah baca kitab suci). Baca pas kalau lagi di gereja. Itu saja yang baca lector apa lektris.(tulus dari dalam hati). Bangga Lagi!!!!!………. Kalau kita lihat di Luk 6:15-16 di situ diterangkan bahwa Yakobus dan Yusuf pernah di sebut “saudara” dari Yesus, di sebut putera-putera dari Alfeus (bdk.Mat 10:3, 27:25) yang isterinya Maria yang sesungguhnya kakak dari Ibu Perawan Maria atau mungkin keponakannya (bdk Yoh 19:25) yang sebenarnya adalah saudara sepupu Yesus.. Kayak Pak Lek dengan Mbak Menik tapi lain bapak. Wusssss!!!!. Ngawur!

Istilah saudara dalam bahasa Ibrani sering dipakai untuk saudara sepupu atau lain hubungan keluarga dalam Kitab Suci. Dan juga dalam Dalam Yoh 19:27, kita bisa baca dan sejak itu murd-muridnya menerima dia di dalam rumahnya. Itu membuktikan Keperawanan Maria.

 

Janganlah kamu menyebut siapapun “Bapa”

 

Orang Kristen berpendapat bahwa menyebut pastor mereka dengan Bapa, itu melanggar perintah Tuhan.(Mat 23:9). Bisa di tunjukkan dengan, bahwa dalam konteks Tuhan Yesus mengatakan bahwa tidak boleh memuliakan seorang manusia yang hanya milik Tuhan, dan tidak boleh menganggap makhluk lain sebagai gantinya Bapa Kami di sorga.

Seperti Paulus terus-menerus melakukannya dalam Roma 4. Paulus membuat pernyataan yang mengagumkan, sebab sekalipun kamu mempunyai beribu-ribu pendidik dalam Kristus, kamu tidak mempunyai banyak bapa. Karena akulah yang dalam Kristus Yesus telah menjadi Bapamu oleh Injil yang kuberitakan kepadamu.(1 Kor 4:15). Perikop ini menjelaskan beberapa alasan teologi mengapa orang-orang Katolik memanggil pastor “bapa”. (Kis 6:12-15, 7:1-2) dan penulis lain Perjanjian Baru memanggil pria sebagai “bapa” (bdk. Rm 4:17-18, 1 Tes 2:2:11, 1 Yoh 2 :13:14). Ya ini kalau di Negara kita mungkin di bagian timur. Kalau di Jakarte ini ada yang menyebut Pastor atau Romo Lain lagi kalau di ndeso Pak Lek menyebutnya dengan “Romo” . kalau Pastor identik dengan “pasturan”. Lho!!!…. Pastoran berarti kan? Tempat tinggal pastor, terus tempat tinggal Romo Apa??. Mosok Romoan?… LAN…..JUT!!!!

 

 

Sakramen Pengakuan Dosa.

 

Orang Kristen sering menentang ini dengan mengatakan ” Hanya Allah yang mengampuni dosa”. Kami langsung datang kepada Allah. Tuhan Yesus berkata, “damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu. Dan sesudah berkata demikian Ia menghembusi mereka dan berkata, ” Terimalah Roh Kudus.”. Jikalau kamu mengampuni dosa orang , dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada. (Yoh 20:21) Dengan demikian Yesus memberikan otoritas ini untuk bertindak atas namaNya untuk mengampuni dosa manusia. Kalau dalam istilah hukum Ia memberikan “kuasa penuh”.

Kita juga bisa baca lagi di 2 Kor 2:10 harus diampuni orang yang bersalah dan 2 Kor 5:18-20 pelayanan untuk perdamaian.

 

Tradisi

 

Pandangan orang Kristen tentang tradisi sebagai suatu konotasi yang negative karena mereka tidak percaya bahwa begitu banyak keberanaran kristiani yang otentik dan dapat memperkaya Kitab Suci berasal dari tradisi

Paulus perintahkan kepada jemaat kristiani pertama untuk berdiri tegak dan mempertahankan tradisi-tradisi yang mereka diajarkan melalui pernyataan verbal maupun surat-surat (2 Tes 2:15) Dan dalam Yoh 21:25 bisa kita baca jelas masih banyak hal-hal lain yang di perbuat oleh Yesus. Dan itu merupakan tradisi yang sekarang kita lakukan.

 

Bunda Maria

 

Satu-satunya doktrin Katolik yang paling sulit di terima oleh orang-orang Kristen adalah menerima peranan Maria di dalam Gereja. Bahwa orang Katolik tidak menyembah siapun juga kecuali Allah, namun kita menghormati dan menjunjung tinggi yang sekarang berada dalam sorga. Dan mereka berpendapat bahwa satu-satunya Pengantara antara Allah dengan manusia adalah Kristus (bdk.1 Tim 2:5).Kitab Suci jelas berkata bahwa Allah memberikan karunia-karunia, “melalui doa-doa dari orang-orang banyak (2 Kor 1:11), Faktanya , Kitab Suci jelas berkata bahwa jika orang-orang Kristiani menawarkan bantuan dalam permohonan, doa-doa, permintaan dan ucapan syukur dan terima kasih bagi seseorang maka hal-hal ini adalah baik. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, juru selamat kita” (1 Tim 2:1-3) (sumber dari acara TV “The John Ankershow, acara stasiun TV pembela fundamentalis antara Dr. Walter Martin salah satu pembela Injil dengan seorang pastor Yesuit.) Peranan Maria sebagai “pengatara doa” Surgawi dan ini sangat Biblis. Dalam menghormati karya Allah, penuh rahmat dan keindahan dalam Maria, orang-orang Katolik telah memenuhi nubuat Biblis ketika ia bersahaja dengan mengatakan : “sesungguhnya mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Maha Kuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan atas namaNya adalah kudus.(Luk 1:48-49)

Bunda Allah. Elisabeth menyebutnya sebagai Ibu dari Tuhanku, “bukan “ibu dari tubuh Tuhanku”.Maria memberi Yesus hanya tubuh-alaminya, akan tetapi hal itu memang benar pada semua ibu-ibu atau bapak-bapak manusia lainnya. Mereka hanya memberi tubuh. Tuhan yang menciptakan jiwa-rohnya. Ibu melahirkan seorang bayi bukan alamnya. Maria melahirkan seorang Pribadi Ilahi, bukan alam PribadiNya.

 

Apa yang Harus kita perbuat?

 

Larinya sebagian umat Katolik ke gereja lain secara tidak langsung kita turut andil bagian. Kita kadang tahu secara langsung maupun tidak langsung, dengan iming-iming dalam bentuk material maupun yang lainnya. Mari kita pertebal iman kita yang seperti selembar kertas HVS 12,5 gr tadi menjadi 200 gr hehehe!!! Dengan lebih banyak membaca Kitab Suci, jangan pas hanya di gereja saja kayak Pak Lek. Dalam studi di Amerika pada tahun 1978 seorang George Gallup mengatakan bahwa Gerekja Katolik adalah raksasa penginjil yang sedang tidur. Gereja mempunyai tradisi, struktur dan umat tetapi tidak mempunyai Api. Jangan sampai kelemahan ini menjadi sasaran empuk gereja atau sekte-sekte yang lain. Puji dan Syukur kepada Tuhan Jumat(16 feb) ini di mulainya kursus Kitab Suci, Pak Lek harapken gunakan kesempatan ini sebaek-baeknya.Mudah-mudahan tidak hanya paket A, kalau perlu sampai paket Z. Amin.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: